Ketika Neraka Jahannam Didatangkan

Ketika Neraka Jahannam Didatangkan

Price:

Selengkapnya »


Allah SWT berfirman:

وَجِايْٓءَ يَوْمَئِذٍ بِۢجَهَنَّمَ ۙ يَوْمَئِذٍ يَّتَذَكَّرُ الْاِ نْسَا نُ وَاَ نّٰى لَـهُ الذِّكْرٰى ۗ 

"Dan pada hari itu diperlihatkan Neraka Jahanam; pada hari itu sadarlah manusia, tetapi tidak berguna lagi baginya kesadaran itu."
(QS. Al-Fajr 89: Ayat 23)

Sering kita mendengar kata-kata neraka jahannam, namun terkadang tidak ada getaran rasa takut dalam hati kita, seolah-olah jahannam adalah tempat biasa. cuma sekadar terlintas ditelinga kita. Ketika kita mengingatkan ahli-ahli maksiat akan dahsyatnya azab dan siksaan dalam neraka jahannam. Ada yang menyepelekan, mengabaikannya bahkan ada sebagian yang menertawakannya. Na'udzubillahi minan naar.

Tahukah anda bagaimana gambaran kedahsyatan siksaan dalam neraka jahannam.

وَجِايْۤءَ يَوْمَىِٕذٍۢ بِجَهَنَّمَۙ يَوْمَىِٕذٍ يَّتَذَكَّرُ الْاِنْسَانُ وَاَنّٰى لَهُ الذِّكْرٰىۗ

dan pada hari itu diperlihatkan neraka Jahanam; pada hari itu sadarlah manusia, tetapi tidak berguna lagi baginya kesadaran itu.

 فَيَوْمَىِٕذٍ لَّا يُعَذِّبُ عَذَابَهٗٓ اَحَدٌ ۙ يَقُوْلُ يٰلَيْتَنِيْ قَدَّمْتُ لِحَيَاتِيْۚ

Dia berkata, “Alangkah baiknya sekiranya dahulu aku mengerjakan (kebajikan) untuk hidupku ini.”Maka pada hari itu tidak ada seorang pun yang mengazab seperti azab-Nya (yang adil)

وَّلَا يُوْثِقُ وَثَاقَهٗٓ اَحَدٌ ۗ
dan tidak ada seorang pun yang mengikat seperti ikatan-Nya.

(QS Al-Fajr 23-26)

Imam muslim meriwayatkan sebuah Hadist dari ibnu Mas'ud radhiallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda.


يُؤتى بالنارِ يومَ القيامةِ لها سبعون ألفَ زمامٍ مع كلِّ زمامٍ سبعون ألفَ ملَكٍ يجرُّونَها


“Neraka (Jahannam) pada hari kiamat akan didatangkan, ia memiliki 70.000 tali. Pada setiap talinya terdapat 70.000 malaikat yang menariknya” (HR. Muslim no: 2842).

Terdapat 70.000 tali kekang dan setiap 1 tali kekang ditarik oleh 70.000 malaikat. na'udzubillahi minannaar. Kita biasanya melihat binatang-binatang yang dikekang dengan tali kekang, dan kita merasa kasihan dengannya. Keadaan terikat itu lebih menyiksa daripada tidak terikat, dimana mereka tidak bisa melawan sedikitpun ketika siksaan panasnya api neraka membakar tubuh mereka. Bahkan mereka selalu memohon kepada Allah agar mereka langsung dibinasakan agar tidak lagi merasakan perihnya azab dan siksaan neraka. Namun yang terjadi adalah mereka kekal dalamnya. Na'udzubillah.

Begitu dahsyatnya neraka jahannam ketika didatangkan nanti ketika manusia sedang berkumpul dipadang mahsyar. Suaranya yang menggelegar membuat kaki-kaki manusia gemetaran dan lemas padahal baru mendengar suaranya. Ketika neraka jahannam didatangkan, dia akan mengeluarkan percikan-percikan api sebesar dan setinggi istana. Ketika shirat dibentangkan diatas neraka jahannam, percikan percikan bunga api neraka jahannam memercik ke atas.

Marilah kita bertaubat dari segala dosa yang pernah kita lakukan, marilah kita mempersiapkan diri untuk kehidupan yang abadi, kehidupan dimana yang ada hanya kenikmatan surga atau perihnya azab neraka. Semoga kita menjadi calon penghuni surga tanpa harus melakukan transit di dalam neraka. semoga kita tidak akan pernah merasakan perihnya azab api neraka.

Kita tidak pernah lepas dari berbuat salah, itu memang manusiawi, mari memperbanyak istigfar dan dzikir agar kita terhindar dari berbuat salah. Mari saling mengajak kepada kebaikan dan saling mengingatkan ketika ada saudara kita yang melakukan kesalahan dengan cara yang baik. Bukan dengan cara merendahkannya. Teruslah berbuat baik, karena kita tidak pernah tau kebaikan yang mana yang akan membawa kita ke surga NYA.

Ada Hidup Setelah Mati

Wallahu 'alam..

0 Reviews