Bolehkah Membunuh Semut

Bolehkah Membunuh Semut

Price:

Selengkapnya »


Semut adalah salah satu makhluk Allah yang dilarang untuk membunuhnya. sebagaimana Rasulullah SAW melarang untuk membunuh semut. Bahakan para ulama mengisahkan pada zaman Nabi Sulaiman dulu sampai menyuruh pasukannya untuk berhenti ketika semut sedang melintas. Seperti yang dikisahkan dalam Alqur'an surah An-Naml bahwa komandan semut mengatakan "cepatlah, cepatlah" Rombongan Sulaiman akan lewat. Nabi Sulaiman tau apa yang dikatakan semut.



Namun ketika semut menggangu kenyamanan kita seperti membuat sarang dirumah kita, ataupun gangguan-gangguan yang lain. Maka sebaiknya kita menyapunya dengan baik tanpa bermaksud membunuhnya. Dan apabila ada juga yg mati kita tidaklah berdosa. Perlakukan dengan baik, bisa juga kita menggunakan kapur ajaib agar semut tidak masuk untuk mengganggu kenyamanan kita.



Namun apabila kita langsung menyiram dengan air panas agar semut itu mati maka yang demikian bukanlah yang diajarkan oleh baginda Rasulullah SAW. Tak perlu berbuat kasar kepada binatang, karena mereka juga makhluk Allah yang selalu bertasbih kepada Allah SWT.

Ketika kita berbuat baik dengan sesama makhluk Allah, maka mereka pun akan berdoa kepada Allah untuk kebaikan kita.

Wallahua'lam 

Salam,Muhammad Iqbal

0 Reviews