Bersabar bukan berarti menjadi pengecut.

Bersabar bukan berarti menjadi pengecut.

Price:

Selengkapnya »


Menerima takdir Allah dan beriktiar mencari jalan keluar, itulah makna umum dari Sabar. Sabar bukan berarti pasrah tanpa melakukan usaha apapun. Sabar menurut pendapat ulama dibagi menjadi 3 macam. 


1. Sabar dalam ketaatan kepada Allah SWT. 

Butuh kesabaran dalam beramal baik, butuh kesabaran dalam melakukan amalan-amalan yang dperintahkan ALlah SWT. Bahkan dalam menuntut ilmu harus dibekali dengan kesabaran. sebagian ulama berpendapat bahwa orang yang tidak membekali diri dengan sifat sabar, waktu luang dan harta dalam menuntut ilmu maka dia tidak akan mendapat apa-apa. ga bisa kalau kita ga sabar, ga bakal dapat ilmu yang kita pelajari. Kalau kita tidak sabar ketika bangun malam, dalam keadaan mengantuk, ga bakal dapat pahala yang kita inginkan.
Orang yang berhaji juga dituntut untuk sabar, dalam menghadapi cuaca panas, jarak jauhnya, harta yang dikeluarkan semuanya butuh kesabaran.

2. Sabar dalam meninggalkan maksiat.
Setiap orang terkadang pasti terlintas untuk melakukan maksiat, seperti berzina, berbohong, menipu setiap saat terkadang kita menghadapi peluang untuk melakukannya. Bersabarlah ketika datang godaan syetan untuk melakukan maksiat, redam diri kita dari godaan itu dengan kesabaran. Dalam pepatah bahasa arab mengatakan "Sungguh kesabaran dalam meninggalkan maksiat adalah sebuah karunia yang sangat besar.

3. Sabar dalam cobaan harian.
Kita juga dituntut untuk bersabar dalam setiap cobaan harian, seperti dihina orang, kehilangan barang, kehilangan orang yang kita cintai. Contoh dari kesabaran ini dapat kita ambil dari kisah Nabi Ya'qub AS, ketika Yusuf AS anak tercintanya dijahati dan dibuat tipu daya oleh saudaranya sendiri sampai 10 orang saudara. Mereka melakukan konspirasi dan tipu daya menjahati yusuf.as.
Tapi nabi ya'qub,as hanya bersabar dan meyerahkan semuanya kepada Allah setelah dia tau semua yang dilakukan anak-anaknya hanyalah rekayasa setelah disampaikan wahyu melalui jibril. 
Saya hanya serahkan kesedihanku, permasalahanku hanya kepada Allah.

Pahala sabar hanya akan didapat ketika sedang terjadi cobaan. orang-orang sabar akan mendapat balasan pahala tanpa ada perhitungan. Bersabar bukan berarti takut atau menjadi pengecut. Bersabar itu menerima segala takdir Allah dan mencoba berikhtiar mencari jalan keluar. Ketika kita dicaci maki, didzolimi oranglain, maka luruskan dan nasehati mereka. Bukan artinya kita takut dan pasrah menjadi seperti pengecut, itu bukanlah sabar. 

Bersabarlah, sesungguhnya Allah bersama orang orang yang sabar.

0 Reviews