7 Wasiat Rasulullah SAW

7 Wasiat Rasulullah SAW

Price:

Selengkapnya »


Alhamdulillah, Segala Puji syukur kehadirat Allah yang telah menurunkan utusan-Nya Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan petunjuk dan jalan paling terang kepada umat manusia di bumi ini, yaitu agama Islam. Pada diri Nabi Muhammad SAW dapat kita temukan suri tauladan terbaik bagi seluruh manusia.

Rasulullah Muhammad SAW memiliki sejumlah sahabat yang begitu mulia dan bersifat sangat lembut. Salah satunya adalah Jandab bin Janadah atau akrab dengan nama Abu Dzar Al Ghifari.

Karena kedekatannya, Abu Dzar mendapat wasiat dari Rasulullah. Wasiat tersebut tercantum dalam kitab Bughyatul Bahits ‘an Zawaid Musnad Harits karya Ibnu Abi Usamah.

Dari Abu Dzar Al Ghifari Radhiyallahu'anhu, ia berkata: “Kekasihku (Rasulullah) Shallallahu 'alaihi wa sallam berwasiat kepadaku dengan tujuh hal :

1. Agar aku senantiasa melihat orang yang di bawahku dan jangan sekali-kali melihat orang yang di atas.

2. Mencintai orang miskin dan mendekati mereka.

3. Selalu berkata benar, meskipun pahit.

4. Tidak meminta-minta kepada siapapun.

5. Menjalin tali silaturahmi sekalipun mereka berpaling.

6. Tidak takut dicaci ketika berdakwah di jalan Allah.

7. Memperbanyak membaca la haula wa quwwata illa billah.

Rasullullah SAW Berwasiat yang diberikan kepada Abu Dzar, namun bukan berarti wasiat itu hanya diperuntukkan bagi dia. Wasiat tersebut sejatinya merupakan amanah Rasulullah yang diberikan kepada seluruh umat Islam.

Semoga kita senantiasa diberi keteguhan hati dan kesadaran bahwa keindahan di dunia ini hanyalah sementara. Dan tidak menjadikanya sebagai prioritas dan tujuan dalam hidup ini.

Ada Hidup Setelah mati, dan itulah kehidupan abadi.

Salam,

0 Reviews