Jazakallah, bukan Terima Kasih

Jazakallah, bukan Terima Kasih

Price:

Selengkapnya »


Semoga kita selalu berada dalam hidayah, lindungan dan kasih sayang Allah. Diberikan kesehatan jiwa dan raga dan dimudahkan dalam beribadah dan berbuat baik dengan sesama manusia.
Dalam keseharian kita tentunya banyak sekali kita jumpai bahwa kita terbiasa untuk mengucapkan kata Terima kasih ketika orang lain berbuat baik kepada kita. Memang tidak ada yang salah dengan ucapan tersebut. Bahkan kita sangat dianjurkan untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah berbuat kebaikan kepada kita. Ada yang mengucapkan terima kasih, teurimong geunaseh, thanks ataupun syukran.

Namun alangkah indahnya dan lebih bermakna ketika kita mencontohi teladan yang telah diajarkan Nabi kita Rasulullah SAW ketika orang lain berbuat baik kepada beliau.  Beliau mengucapkan kalimat doa yang sangat indah ketika orang lain berbuat baik kepadanya. Kalimat جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا (semoga Allah membalas mu dengan kebaikan) adalah sebuah doa yang seharusnya kita ucapkan . Ucapan terima kasih tidak mengadung doa didalamnya, hanya sebatas rasa terima kasih atas kebaikan yang diberikan oleh yang lain.
Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,
عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى
الثَّنَاءِ ».
Usamah bin Zaid berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian."
(HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Kitab Shahih Al jami’, no. 6368)

Adakah tuntunan yang lebih indah selain seperti yang diajarkan Rasulullah SAW, ucapan terima kasih tidak mengandung doa didalamnya, hanya sebatas ucapan. Namun doa yang diajarkan Rasulullah SAW patut kita amalkan dalam keseharian kita. Mari kita ajarkan anak-anak kita untuk membiasakan diri mengucapkan kalimat doa untuk menggantikan kata terima kasih yang biasanya kita ucapkan. Biasakanlah untuk mengucapkan جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا setiap ada orang yang berbuat baik kepada kita.
Dalam ilmu bahasa arab diajarkan untuk pengucapan kata Jazakallah harus sesuai dengan kaidahnya. Jazakallah untuk orang laki-laki, Jazakillah untuk perempuan, dan Jazakunullah untuk orang banyak. Dan untuk membalasnya kita mengucapkan Waiyyaka (laki-laki),Waiyyaki (perempuan) dan  Waiyyakum untuk orang banyak.
Betapa indahnya tuntunan yang diajarkan Rasulullah SAW yang semestinya  kita amalkan sebagau bentuk kecintaan kita kepada beliau dengan mengerjakan sunnah nya. 
Mari kita balas kebaikan orang dengan sebuah kalimat doa yang indah. Bahkan untuk sepiring sarapan dan segelas air minum yang disiapkan oleh istri kita, ucapkanlah sebait doa kepadanya.

Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan.
Wallahualam 

1 Reviews