Pengadilan Akhirat, Yaumul Hisab

Pengadilan Akhirat, Yaumul Hisab

Price:

Selengkapnya »

DIANTARA SUASANA YAUMUL HISAB (Pengadilan Akhirat).


Bismillahirrahmanirrahim...
Saudaraku yang dirahmati Allah, semoga cinta dan kasih sayang Allah selalu tercurah kepada kita dalam mengarungi kehidupan didunia yang fana ini. 

Ada hidup setelah mati, dan itulah kehidupan yang abadi, dimana kita akan mempertanggungjawabkan semua perbuatan yang kita lakukan didunia. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita petik nantinya. 

Di akhirat kelak, Allah menggelar pengadilan terhadap masing-masing diri kita, untuk memastikan setiap perbuatan mendapat ganjaran yang sesuai.

Beginilah sekilas gambaran dari pengadilan akhirat kelak :

1. Masing-masing orang datang sendiri-sendiri :

↗Allah SWT berfirman :
“Sesungguhnya Allah telah menentukan jumlah mereka dan menghitung mereka dengan hitungan yang teliti. Dan tiap-tiap mereka akan datang kepada Allah pada hari kiamat dengan sendiri-sendiri” (QS. Maryam: 94-95)

2. Bahkan orangtua dan anak tidak bisa saling menolong :

↗Allah SWT berfirman :
“Hai manusia, bertaqwalah kepada Tuhanmu dan takutilah suatu hari yang (pada hari itu) seorang bapak tidak dapat menolong anaknya dan seorang anak tidak dapat (pula) menolong bapaknya sedikitpun. Sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu (syaitan) memperdayakan kamu dalam (mentaati) Allah” (QS. Luqman: 33)

3. Setiap perbuatan akan mendapat balasan, bahkan yang sekecil biji sawi sekali pun :

"Allah SWT berfirman :
"Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawi pun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah kami sebagai Pembuat perhitungan.” (QS. Al Anbiyaa: 47)

4. Akan menerima Catatan Amalan :

"Allah SWT berfirman :
Dan tiap-tiap manusia itu telah Kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. Dan Kami keluarkan baginya pada hari kiamat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka. “Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadapmu." (QS. Al Israa': 13-14)

5. Perhitungan Allah amat cepat :
Bagi orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, perhitungan Allah akan terasa sangat cepat.

" Allah SWT berfirman :
"(Yaitu) hari (ketika) mereka keluar (dari kubur dan menuju Mahsyar); tiada suatu pun dari keadaan mereka yang tersembunyi bagi Allah. (Lalu Allah berfirman), "Milik siapakah kerajaan pada hari ini?" Milik Allah Yang Maha Esa lagi Mahaperkasa. Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisab-Nya." (QS. Ghafir: 16 -17).

6. Anggota tubuh akan menjadi saksi perbuatan selama di dunia :

Allah SWT berfirman :
"Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan." (QS. Yaasiin: 65)

7. Ada golongan orang yang berwajah ceria, namun ada pula yang sebaliknya :

" Allah SWT berfirman :
"Pada hari di mana kalian melihat orang-orang beriman laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanannya." (QS Al Hadiid : 12)

“… seakan-akan wajah mereka ditutupi oleh kepingan-kepingan malam yang gelap gulita, mereka itulah penghuni Neraka, mereka kekal di dalamnya.” (QS. Yunus : 27)

8. Tidak ada yang dirugikan, semuanya memperoleh apa yang diusahakan selama hidup :

"Allah SWT berfirman :
(Ingatlah) suatu hari (ketika) tiap-tiap diri datang untuk membela dirinya sendiri dan bagi tiap-tiap diri disempurnakan (balasan) apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka tidak dianiaya (dirugikan)” (QS. An Nahl: 111)

Mudah-mudahan Allah memberikan taufiq kepada kita untuk memperbanyak bekal, yang nantinya dengan bekal tersebut kita menghadap sang pencipta dan mendapat keridhaanNya. Aamiin Allahumma Aamiin

Washallahu ‘ala Nabiyina Muhammad wa ‘ala aalihi wa shahbihi ajma’in.

0 Reviews