Tips dan triks memotret Capung yang Liar

Tips dan triks memotret Capung yang Liar

Price:

Selengkapnya »


Siapa yang tidak kenal dengan binatang yang satu ini, saya rasa kita sangat sering melihat binatang ini. Capung atau dragonfly, atau dalam bahasa aceh dikenal dengan denden, binatang yang sangat cepat dalam pergerakan terbang dan hinggap dimana saja dia suka. Memotret binatang ini membutuhkan kesabaran yang tinggi menunggu moment yang pas untuk mendekatinya. Terkadang anda dibuat frustasi ketika berusaha mendekatinya, dia terbang tanpa pamit meninggalkan anda dengan santainya. 


Bergeraklah perlahan mendekatinya dari arah depan. Bagian mata adalah objek paling cantik untuk di foto. Namun anda membutuhkan lensa macro untuk mendapatkan detail gambar matanya. 
Kalau anda tidak membawa lensa macro anda bisa mencoba memotret secara keseluruhan namun tetap ambil dari arah matanya. 


Sedikit berbeda dengan capung jarum, capung ini akan membuka sayapnya ketika dia hinggap di suatu tempat baik di ranting, bunga, ataupun ditali jemuran. Sedangkan capung jarum akan menutup sayapnya ketika dia hinggap di suatu tempat. 

Berikut beberapa hasil jepretan saya menggunakan kamera ponsel Huawei Nova2i ketika seekor Capung bercorak army hinggap diatas tali jemuran belakang rumah saya. Dipadu dengan latar langit yang berwarna biru. 


Ketika saya mencoba untuk mengambil detail matanya, dia terbang entah kemana meninggalkan saya dengan hape dan lensa macro menempel dihape saya.


Semoga anda menyukainya 

Salam

2 Reviews